Kamis, 27 Desember 2012

CONTOH PEMBUATAN NOMOR HALAMAN BERBEDA DENGAN OPEN OFFICE (1)

Langkah-langkah membuat nomor halaman berbeda untuk cover tanpa nomor tapi dihitung dan halaman selanjut dengan angka romawi terletak di bawah tengah : 

  1. buka program aplikasi openOffice.org>text document,   
  2. Pada halaman pertama, kita ketik/buat cover terlebih dahulu sampai selesai (page styles : default). Pada kalimat terakhir halaman cover (masih pada halaman pertama) mulai membuat page style untuk halaman kedua,
  3. buka kotak dialog styles and formatting (tekan F11), klik pada Page styles, pada bagian bawah sudah ada beberapa contoh Page Styles. Pada bagian bawah daerah kosong klik kanan>new>kotak dialog Page styles. 
  4. Masih pada kotak dialog Page styles, pada tab Organizer, isi name dengan nama Page styles contoh : nomor romawi, next style diisi sama apabila style masih sama atau diisi style selanjutnya jika style berbeda.
  5. Sebelum memberi nomor halaman kita sudah harus memastikan letak nomor halaman diatas atau dibawah dengan perataan teks di kiri, di tengah atau di kanan. Selanjutnya klik tab Page>layout setting pada format kita memilih jenis nomor halaman (angka romawi).
  6.  Klik tab footer>footer on (footer ada tanda ceck point). Karena kita sudah memberi perintah footer on maka pada halaman yang bersangkutan dibagian bawah ada tempat/ruang untuk memberi nomor halaman dilanjut dengan klik OK.
  7. Sampai disini nomor halaman belum ada. Kursor masih berada di halaman cover. Kotak dialog styles and formatting masih tetap terbuka, dan pada tab page style. Klik menu insert>manual break>kotak dialog Insert Break. Pilih tipe Page break dan style nomor romawi klik change page number dibawahnya isi dengan 2.
  8.  sampai langkah disini, baru ada ruang/tempat nomor halaman dibagian bawah. Arah kursor ke footer, klik di tempat nomor halaman, atur perataan teks di tengah. Klik menu insert>Fields>Page Number, 
  9.  Dan akhirnya nomor halaman udah jadi, dan apabila pada halaman 1 ada nomornya tinggal arahkan kursor ke halaman 1, terus pada kotak dialog Styles and formatting pada tab page style klik default.
Masih ada model penomoran halaman yang berbeda, tunggu posting selanjutnya.

Tidak ada komentar: