Jumat, 28 Desember 2012

NOMOR HALAMAN BERBEDA PADA OPENOffice.org

Bagi pengguna Ms. Word 2007 mungkin sangat mudah untuk membuat penomoran halaman yang berbeda pada satu dokumen. Kalau masih mengalami kesulitan banyak sekali sumber referensi yang dapat didapat melalui mbah google. Yang dimaksud disini nomor halaman berbeda bisa berupa perubahan dari angka romawi ke angka arab atau perubahan posisi nomor halaman dari posisi bawah dilanjut halaman berikutnya posisi di atas.

Bagi pengguna OpenOffice.org dan LibreOffice sumber referensi dari mbah google sangat terbatas, dan apabila kita punya buku petunjuk penggunaan openOffice.org atau libreOffice kurang bisa menjawab secara gamblang cara membuat penomoran halaman yang berbeda.

Langkah-langkah membuat penomoran halaman yang berbeda pada openOffice.org atau libreOffice tidaklah rumit ataupun sangat sulit, tapi dibutuhkan kesabaran, ketelitian dan pemahaman yang pelan-pelan. 
 
Perintah-perintah yang digunakan dalam membuat penomoran halaman yang berbeda yaitu :
  1. styles and formatting (F11)
  2. Page style (header atau footer)
  3. Page number (menu insert>fields)
  4. Manual Break (menu insert>fields)
perlu diperhatikan :
  1. Setiap perubahan format nomor halaman diawali dengan perintah styles and formatting,
  2. sebelum memberi nomor halaman harus sudah ada ruang/tempat untuk nomor halaman dengan memastikan header on atau footer on,
  3. setiap halaman yang dikenai perintah break ada tanda garis biru tipis pada text boundaris (batas antara margin dan area kerja, berwarna abu-abu tipis) bagian atas,
  4. suatu halaman yang mempunyai styles and formating berbeda bisa di ceck di baris status kolom kedua.

    contoh lihat di posting selanjutnya : 

    http://pakyo2.blogspot.com/2012/12/contoh-pembuatan-nomor-halaman-berbeda.html 

    http://pakyo2.blogspot.com/2012/12/contoh-pembuatan-nomor-halaman-berbeda_28.html

Tidak ada komentar: