Rabu, 26 Desember 2012

CONTOH PEMBUATAN NOMOR HALAMAN BERBEDA DENGAN OPEN OFFICE (2)

MEMBUAT NOMOR HALAMAN BERBEDA POSISI TANPA MENGGUNAKAN MANUAL BREAK PADA OPENOffice.org WRITER


Membuat nomor halaman berbeda posisi tanpa menggunakan manual break merupakan aplikasi membuat penomoran halaman untuk bab. Suatu bab baru selalu terletak di halaman baru dengan posisi penomoran di bawah tengah untuk BAB I dimulai dengan nomor 1. Untuk halaman selanjutnya masih dalam BAB I posisi nomor halaman di atas kanan (nomor 2 dan seterusnya).

Mari kita langsung aja bagaimana langkah-langkah membuatnya :
  1. buka program aplikasi openOffice.org>text dokumen. Buka dokumen yang sudah ada atau bisa membuat dokumen baru untuk latihan
  2. pada halaman baru kita mulai mengetik BAB I, selanjutnya buka kotak dialog styles and formatting>new> kotak dialog Page style, muncul kotak dialog page style. Pada kotak dialog page style pada tab organizer di name kita isi dengan bab,

  3. klik tab footer>footer on>OK. Dengan menekan tombol OK kotak dialog page style tertutup dan nomor halaman belum ada. Sedangkan pada kotak dialog styles and formatting di page style masih di default, untuk mendapatkan pengaturan yang diinginkan klik page style bab.


     
  4. Klik pada bagian footer, atur perataan teks pada center. Klik menu insert>fields>Page Number. Nomor 1 muncul pada bagian bawah tengah.

  1. Langkah selanjutnya membuat nomor di halaman 2 pada posisi kanan atas. Klik pada halaman kedua>styles and formatting>new>kotak dialog page style. Pada tab organizer di name kita isi dengan bab 1 hal 2 dst. Klik tab header>header on>OK.

  1. Lihat di kotak dialog styles and form>page style. Kursor berada dihalaman 2 klik page style bab 1 hal 2 dst. Klik pada header, atus posisi perataan teks di kanan. Klik menu insert>field>Page Number. Berhasil sudah pada halaman dua ada nomor halaman diatas kanan.

  2. Jangan lupa dicek dihalaman 1 pada BAB I apabila nomor juga ada diatas kanan, klik pada halaman 1, pada kotak dialog styles and forma>page style>bab. Lihat pada baris status kolom ke 2 ada tulisan bab. Double klik bab di baris status>kotak dialog page style. Pada tab organizer name terisi bab, sedangkan pada next style pilih bab 1 hal 2 dst.

Tidak ada komentar: